JAKARTA – Banyaknya jumlah alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tersebar di berbagai penjuru Tanah Air, bahkan luar negeri, makin menguatkan Ikatan Alumni ITB (IA ITB) dalam menerbitkan buku direktori guna membangun sinergi di antara sesama anggotanya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Departemen Database, Informasi, dan Komunikasi Eky S Pratomo Tedjo. Sebagai penanggung jawab pembuatan buku direktori ini, Eky mengatakan progres pembuatan buku ini masih sedang berlangsung.

“Buku ini direncanakan akan diluncurkan bulan November tahun ini. Sekiranya sudah terbit sekitar satu bulan sebelum kongres pemilihan Ketua Umum (Ketum) IA ITB pada Desember mendatang,” kata Eki saat dihubungi okezone, Jumat (19/8/2011).

Buku kumpulan data anggota alumni hasil kerja sama IA ITB dan Infomedia ini, lanjut Eky, akan diberikan secara gratis melalui pengurus IA daerah, program studi (prodi), komisariat dan simpul-sipul lainnya.

“Sebanyak 2.000 ekskemplar buku akan dicetak, tetapi tidak hanya itu, sebanyak 500 Compact Disc (CD), juga akan diberikan secara gratis,” imbuh Eky.

Mengenai validasi data, tuturnya, sudah hampir diselesaikan, almuni yang mendaftar dan mencantuman nomor telapon akan dikonfrimasi. Sampai saat ini, sudah terkumpul data sebanyak kurang lebih 33.000 data kasar.

Menurut Eky, IA ITB adalah organisasi alumi pertama yang menerbitkan buku direktori alumninya. “Sejauh ini baru kami saja, universitas lainnya memang membuat direktori, tetapi dalam bentuk online,” tutup Eky.(//rhs)