JAKARTA, PedomanNEWS.com –Pemilihan Ikatan Alumni ITB yang berlangsung setiap empat tahun sekali ini akan kembali diadakan pada 3 desember 2011. Setiap satu alumni mempunyai satu suara untuk menentukan pilihannya.

Dalam melakukan pemilihan ketua umum tersebut akan digunakan perangkat e-Voting, sehingga pemilih tak lagi menggunakan cara lama melalui cara lama dengan pecoblosan kertas suara.

“Dalam pemilihan ini kita akan akan menggunakan perangkat e-Voting disetiap daerah pemilihan, yang tak lagi menggunakan kertas suara, sehingga mempermuda pemilih dan juga mempercepat dalam pengolahan data,” kata Agustin Paranginangin kepada pedomanNEWS.com, Jumat (23/09/2011)

Dalam proses pemilihan sistem e-Voting ini, IA-ITB merangkul para alumni yang memiliki kapabilitas untuk membuat sistem e-Voting yang dapat dipercaya, akuntabilitas tinggi dan bisa diaudit secara terbuka.

Sehingga tidak ada keraguan soal permainan dan manipulasi data seperti yang selama ini dilontarkan oleh mereka yang tidak setuju dengan penggunaan electronic voting.

Padahal dengan sistem konvensional pun sudah terbukti dapat terjadi penggelembungan suara dan manipulasi data. e-Voting yang dikembangkan oleh IA-ITB ini menggunakan teknologi yang handal, tidak bisa dimanipulasi, dan memiliki tingkat keamanan berlapis dan keabsahannya dapat diakui secara mutlak.

Menggunakan sistem verifikasi untuk menentukan sah atau tidaknya calon pemilih, sistem pemilihan/penghitungan yang akurat. Secara teknis, sistem e-Voting ini menggunakan microcontroller dan penggunaan chip EEPROM yang tidak dapat dimanipulasi, digabungkan dengan hasil print out yang jika diperlukan dapat dijadikan sebagai sarana audit penghitungan suara.

Penghitungan suara akan sangat cepat karena setelah data voting dimasukan ke sistem server, seluruh modul pemilihan suara akan mengirimkan data ke sistem dengan cepat.

Hasil penghitungan suara akan dapat dilihat hasilnya dalam waktu yang sangat cepat. Bahkan bisa mengalahkan quick count yang biasa dilakukan oleh lembaga-lembaga independen.

Indra Dahfaldi

Sumber: http://www.pedomannews.com/berita/7870-pemilu-ia-itb-2011-akan-gunakan-perangkat-e-voting