JAKARTA, KOMPAS.com – Para calon kandidat ketua umum Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) menandatangani deklarasi kampanye bersih di sekretariat IA-ITB, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2011) malam. Deklarasi kampanye bersih tersebut juga menandakan dimulainya masa kampanye calon ketua umum IA-ITB sebelum kongres pada 3 Desember 2011.

Ketua Bidang Organisasi IA-ITB, Jetti Rosila Hadi mengatakan, kongres IA-ITB merupakan wujud kelangsungan organisasi IA-ITB. Ia menjelaskan, setelah pendaftaran dan verifikasi, kini saatnya kongres IA-ITB memasuki tahapan kampanye dan seterusnya sebelum memasuki tahap pemungutan suara. Para calon yang mendaftar harus memenuhi beberapa kriteria, salah satunya adalah minimal harus mendapat dukungan dari tiga pengurus daerah dan mempunyai 100 orang pendukung.

“Sebelum sampai tahapan itu (pemungutan suara), para kandidat ketua umum IA-ITB periode 2011-2015 yang dinyatakan lulus verivikasi melakukan komitmen kesepahaman bersama yang dituangkan dalam deklarasi bersama kandidat ketua umum IA-ITB periode 2011-2015,” kata Jetti.

Ada lima calon yang dinyatakan lolos verifikasi. Mereka adalah Hermanto Dardak (Teknik Sipil angkatan 75), Dasep Ahmadi (Teknik Mesin angkatan 84), Sumaryanto Widayatin (Teknik Sipil angkatan 74), Amir Sambodo (Teknik Mesin angkatan 78) dan Nining Soesilo (Arsitektur angkatan 76).

Dalam masa kampanye, para calon akan melakukan satu kali kampanye bersama di empat kota, yaitu DKI Jakarta, Medan, Bandung, dan Balikpapan. Pemungutan suara pada kongres kedelapan IA-ITB ini rencananya akan dilakukan secara serentak di seluruh tempat pemungutan suara di sekretariat IA-ITB di daerah.

“Kongres ini rutin dilaksanakan per empat tahun. Selain laporan dari ketua umum sebelumnya (Hatta Rajasa) juga akan dipilih ketua umum yang baru,” ujarnya.