Rencananya, debat kandidat akan berakhir di Gedung Sate, Bandung, pada 19 November mendatang. Kelima kandidat yang dinyatakan lolos seleksi oleh panitia antara lain staf khusus Menteri Koordinator Perekonomian Amir Sambodo, Hermanto Dardak (Wakil Menteri Pekerjaan Umum), Dasep Ahmadi (pengusaha), Nining Sri Astuti,kakak Sri Mulyani,yang juga CEO Indonesia Center for Public Studies (ICCPS) Universitas Indonesia (UI), dan Sumaryanto Widayatin (Deputi Menteri Negara BUMN Bidang Infrastruktur dan Logistik).

Sekretaris Panitia Pelaksana Pemilihan Ketua Umum IA ITB Adhi Rachdian menjelaskan, dalam debat kandidat program yang ditawarkan Amir Sambodo adalah teknologi indovision.Adapun Dasep menawarkan program inkubator bisnis yang tidak dikelola pemerintah. Arinya, Dasep menjaga jarak dengan pemerintah untuk meningkatkan posisi bargaining. Adapun Nining dalam debatnya menawarkan program UKM di ITB.

Selama ini, pengelolaan UKM di ITB dinilai belum maksimal. Untuk itulah, dia mengajak alumni ITB untuk bersama-sama mengelola UKM ITB. ’’Sumaryanto menyampaikan program i-organization sehingga dapat memberikan kontribusi kepada pemerintah,’’ ujarnya kepada SINDO kemarin Elfi Malano,Ketua Tim Sukses Amir Sambodo, optimistis Amir dapat merebut posisi Ketua Umum IA ITB tahun ini.

Selain berpengalaman sebagai calon Ketua Umum,Amir mendapat dukungan dari beberapa tim, baik di daerah maupun kampus ITB. Semasa mahasiswa Amir aktif di pers mahasiswa. Selain itu, dia merupakan penulis,bahkan artikelnya tersebar di berbagai media. “Tim yang mendukung Amir merupakan orang-orang yang sudah aktif jauh-jauh hari,” ujar Elfi yang mengaku teman kuliah Pramono Anung.

Syawal, Ketua Tim Sukses Sumaryanto Widayatin,menilai dari seluruh kandidat hanya Sumaryanto yang layak sebagai Ketua Umum IA ITB.Sebab,Sumaryanto memiliki rekam jejak yang bagus dan kapasitas yang mumpuni. Selain itu, Sumaryanto salah satu anggota tim Reformasi Birokrasi.

“Sumaryanto adalah mantan aktivis.Semasa mahasiswa dia pernah ditangkap,” sebut Syawal. Menurut dia, dalam pencalonannya sebagai ketua umum IA ITB,Sumaryanto mengusung dua kerangka kerja yaitu sumber ganesha dan sumbu bangsa. hendry sihaloho

Sumber: Seputar Indonesia Online