INILAH.COM, Bandung – Ketua Umum Ikatan Alumni-Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) periode 2007-2011 Hatta Rajasa memberikan jabatan keorganisasian tersebut pada Sumaryanto Widayatin.
Sumaryanto yang juga Deputi Bidang Infrastruktur dan Logistik Kementerian BUMN, memenangkan pemilihan Ketua Umum IA-ITB yang pemungutan suaranya digelar di seluruh wilayah Indonesia dan dihitung langsung hari ini.
Sumaryanto menang mutlak dengan perolehan suara 3.142 atau 38,19 persen dari total suara pemilih. Pemilihan digelar di 52 TPS di seluruh Indonesia.
Meskipun tanpa mengikutisertakan suara hasil pemilihan di Jayapura karena belum masuk ke meja panitia hingga batas waktu yang ditentukan, panitia menganggap suara pemilih dari daerah itu tidak akan berdampak signifikan.
Mas Sum, sebutan akrab Sumaryanto, mengalahkan empat saingannya yakni Hermanto Dardak yang meraih 2.090 suara, Amir Sambodo 1.831 suara, Neneng I Soesilo, dan Dasep Ahmadi yang meraih 499 suara.
Dengan begitu dia resmi memegang kepemimpinan IA-ITB ke-8 periode 2011-2015, menggantikan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, yang masa kepimpinannya di organisasi ini telah habis pada tahun 2011.
Hatta berpesan agar Sumaryanto mampu mengembangkan ITB dan melanjutkan program kerja yang telah berlangsung selama kepemimpinannya.
“Saya meminta Ketua Alumni nanti untuk ikut mengembangkan ITB dan melanjutkan beberapa program kerja kepengurusan lama yang telah berlangsung,” kata menteri koordinator perekonomian republik Indonesia itu dalam serah terima jabatan di kampus aula barat ITB di Bandung, Jabar, Sabtu (3/11/2011).
Ia melihat program yang ditawarkan Mas Sum, sangat bagus dan bermanfaat di ITB. Ia mengharapkan kepengurusan baru nanti bisa menciptakan kesinambungan dan kontinuitas serta mengedepankan semua program kerja yang fokus pada kewirausahaan. [ant/lal]